Gerson Search :

10.12.2008

“Realita Kehidupan Manusia”
Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, karena manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Namun, manusia tidak menghargai apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Manusia memberontak dan telah jatuh kedalam berbagai_bagai dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. Manusia dikuasai dosa dan telah menjadi hamba dosa sendiri, semua manusia adalah orang berdosa (Roma. 3:9-20).

Dosa atau pelanggaran manusia terhadap perintah Allah merupakan bentuk nyata dari keinginan iblis untuk menguasai kehidupan manusia agar manusia jatuh dan meninggalkan Tuhannya, agar manusia yang berdosa tersebut masuk bersama_sama dengan iblis kedalam lautan api neraka kelak.

Bila Qta lihat realita yang terjadi sekarang ini di dalam dunia, maka Qta dapat melihat betapa hancurnya kehidupan manusia yang katanya serupa dan segambar dengan Allah. Semua manusia berdosa, tidak ada orang yang luput dari dosa. Omong kosong apabila ada orang yang mengatakan diri mereka suci, tidak berdosa. Karena dalam Alkitab secara jelas dan gamblang telah mengatakan bahwa manusia telah jatuh kedalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah.

Manusia merusak citra Allah yang ada didalam dirinya, manusia telah memutuskan tali hubungan yang begitu intim dengan Allah Sang penciptanya. Tidaklah heran apabila Qta mendapati seseorang atau kelompok_kelompok kecil maupun besar mereka berusaha merusak diri mereka dengan berbagai hal yang pada dasarnya menyakitkan hati Tuhan. Mereka berusaha menjadikan diri mereka lebih baik dari orang lain dan berusaha untuk menguasai/memonopoli hak_hak orang lain dan mengacuhkan Tuhan.

Sebuah realita kehidupan yang kacau_balau dan sesat tiada arah. Generasi muda yang diharapkan nantinya akan menjadi bibit_bibit unggul/pilihan untuk gereja Tuhan, kini jauh dari harapan. Generasi muda diera globalisasi sekarang ini, lebih banyak menitik beratkan diri mereka dengan kesibukan_kesibukan dunia yang kian hari kian canggih dan modern. Mereka lupa akan Tuhan, mereka lupa tugas utama mereka untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan serta menyenangkan hati Tuhan.

Dosa telah mengakar pada jati diri manusia, dosa telah mendarah daging dan menjadi sebuah ketenaran kehidupan. Allah merasa gagal dan kecewa dengan kehidupan manusia. Allah berusaha membangkitkan manusia dari kematian rohani mereka. Allah sekali_kali tidak tinggal diam, Allah berusaha dengan segala kemampuan_Nya untuk mengikat manusia dengan tali kekudusan, jauh dari kuasa dosa.

Roh Kudus adalah pribadi yang Allah utus khusus untuk mengontrol kehidupan manusia dalam berpikir dan bertindak didalam kehidupannya sehari_hari. Roh Kudus merupakan gambaran wujud nyata kepedulian Allah kepada manusia yang kotor dan berdosa. Allah tidak ingin kecewa untuk yang kedua kalinya, Allah tidak ingin kejadian yang memilukan kisah kehidupan manusia pada zaman Nabi Nuh terulang kembali. Allah peduli dan Allah mengasihi manusia yang berharap kepada_Nya. Allah tidak ingin manusia masuk kedalam api neraka, Allah ingin manusia dimerdekakan dari kuasa dosa. Realita kehidupan manusia di zaman akhir ini adalah sebuah realita peradaban kehancuran manusia akibat dosa.

Oleh: Gerson Anderson

Tidak ada komentar: